Kemana kau akan melangkah?

Diet Makanan Mentah?

Apa itu diet makanan mentah?

Kita mungkin masih jarang mendengar istilah diet makanan mentah atau raw food diet. Diet jenis ini memang masih belum terlalu dikenal di Negara kita. Setiap orang yang mendengar istilah ini mungkin akan terbayang makanan mentah dicuci lalu ditaruh di piring dengan penampakan yang tidak menarik selera makan sama sekali.

Padahal kalau kita telaah lagi makan makanan mentah sebenarnya di Negara kita bukanlah hal yang baru, karena sudah sejak lama kita terbiasa makan lalapan, karedok, bahkan salad yang sekarang sudah banyak disajikan restoran-restoran cepat saji.

Para aktris Holliwood sendiri sudah sejak lama menerapkan kebiasaan makan makanan mentah ini, tak heran jika Demi Moore saat ini masih terlihat cantik, langsing dan bugar. Makanan mentah tak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh tetap langsing tapi juga membuat kulit terlihat lebih muda dan menarik. Selain itu diet jenis ini juga membuat tubuh lebih sehat, lebih bugar berenergi, meningkatkan stamina serta menghilangkan bau mulut dan bau badan yang bias disebabkan oleh kotornya usus kita.

Diet makanan mentah

Diet  makanan mentah ini merupakan salah satu jenis pola makan yang akan sangat mendukung  gerakan Back to nature. Selain itu, salah satu keunggulan lain diet makanan mentah ini adalah bebas dari rasa lapar. Dengan pola diet makanan mentah ini kita akan bias mendapatkan proporsi tubuh yang sehat dan ideal.

Seseorang baru dikatakan menerapkan pola diet makanan mentah jika 75% makanan yang dikonsumsinya setiap hari terdiri dari makanan mentah. Dr. James Hwang dan Mi Hyung Park dalam bukunya  The raw food Revolution  menyatakan bahwa makanan yang dikonsumsi dalam pola diet makanan mentah hanya memasukkan sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji gandum yang belum disosoh. Sayuran yang dipilih harus terdiri atas beragam zat warna untuk mendapat beragam zat gizi. Porsi sayur dari diet makanan mentah setidaknya terdiri atas 200 gram sayuran hijau dan mentah, serta 200-300 gram sayuran dengan warna yang lebih terang. Untuk menambah cita rasa dapat digunakan saus atau pasta sereal. Sebaliknya sebisa mungkin jangan menambahkan garam, gula, rempah, atau bahan lainnya yang bias mengiritasi system pencernaan atau terlalu merangsang organ lain.

Umumnya, diet makanan mentah yang banyak diterapkan orang terdiri atas 3 kategori berikut :

  • Pertama : mengonsumsi semua makanan dalam keadaan mentah tanpa dimasak, termasuk di dalamnya sayuran, buah, kacang, daging mentah, dan ikan mentah.
  • Kedua : hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti sayuran dan buah-buahan,sedangkan daging dan ikan tidak dikonsumsi.
  • Ketiga hanya mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam keadaan mentah sedangkan daging dan ikan boleh dimasak.

Selain itu ada beberapa aturan lain :

  1. Tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman pabrik karena pada umumnya produk jenis ini telah mengalami proses pemanasan. Dan juga jangan mengonsumsi jus buah kemasan karena sudah mengalami proses pemanasan.
  2. Tidak boleh minum sembarangan air minum, sebaiknya minum air yang sudah dipurifikasi. Karena air yang belum dipurifikasi masih mengandung zat-zat yang dapat merugikan tubuh seperti kaporit, klorin, insektisida, deterjen, dan zat karsinogenik.
  3. Hanya mengonsumsi susu segar atau susu kedelai dan santan kelapa.
  4. Jika ingin menurunkan BB sebaiknya mengurangi konsumsi daging
  5. Asupan energy diperoleh dari karbohidrat dan lemak nabati yang berasal dari sayur dan buah seperti alpukat, kacang mentah, ataupun kelapa mentah.
  6. Tidak dianjurkan untuk minum alcohol dan kafein karena akan mengganggu kerja pencernaan dan memperberat kerja liver.

So, siapkah anda untuk menjalankannya?  demi kesehatan =),,

Disarikan dari : buru Raw food diet karangan Prof. Made Astawan dan Leomitro kasih

Buku Khasiat makanan Mentah

4 responses

  1. klw mengkonsumsi makanan mentah,
    kra2 aman ga mb, mksdx bgmn dgn bakterinya???

    May 23, 2011 at 12:34 pm

    • imurelsa

      bakteri amat berpotensi mencemari sayuran mentah, apabila sayuran tercemar bakteri maka akan tidak aman untuk dimakan. karena itu ada perlakuan khusus untuk makanan mentah ini yaitu dengan mengatur suhu dan tempat penyimpanan, deinfeksi menggunakan klorin dan diblansir. Untuk lebih jelasnya tunggu postingan saya berikutnya ya Bu..^^

      May 23, 2011 at 12:56 pm

  2. ardian

    Bagaimana membedakan sayuran yg aman untuk dikonsumsi dari polusi?

    May 27, 2011 at 8:21 pm

    • imurelsa

      untuk membedakannya agak susah, tapi pilihlah yang berwarna cerah dan ada sedikit ulatnya

      May 27, 2011 at 10:25 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s