Kemana kau akan melangkah?

Bahaya senyawa anti gizi

Senyawa anti gizi adalah suatu senyawa yang terdapat dalam beberapa bahan pangan yang dapat mengganggu penyerapan zat gizi di dalam tubuh pada saat pangan tersebut dikonsumsi. Zat antigizi yang biasa terdapat dalam bahan makanan antara lain adalah fitat, tannin, gosipol, saponin, mimosin, dan protease inhibitor.

Fitat

Fitat adalah salah satu komponen penyusun dinding tanama. Asam fitat termasuk senyawa pengikat mineral yang kuat. Beberapa jenis mineral yang dapat diikat oleh fitat adalah kalsium, seng, tembaga, magnesium dan besi.

Pada proses pemasakan senyawa fitat terdenaturasi pada suhu 65 °C. Pangan yang kaya kandungan fitat adalah jagung, gandum, sorgum, barley dan oat.

Tanin

Tanin merupakan senyawa fenolik yang larut dalam air. Senyawa tannin bias mengendapkan protein dari larutan sehingga konsumsi tanin berlebihan dapat menyebabkan gangguan penyerapan protein. Selain itu konsumsi tannin yang bersamaan dengan konsumsi sumber zat besi juga akan menghambat penyerapan zat besi tersebut.

Tanin terdapat pada biji legume, coklat,walnut dan teh, semakin warnanya semakin tinggi kandungan tanninnya. Kadar tannin dapat berkurang dengan merendam atau mengencerkan bahannya.

Selain bersifat menghambat penyerapan beberapa zat gizi, tannin juga mempunyai manfaat yaitu sebagai antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Hal ini karena tannin merupakan bagian dari senyawa fenolik yang bersifat antioksidan.

2 responses

  1. makasih infonya elsaa,,,,
    ^^

    May 27, 2011 at 1:26 am

    • imurelsa

      sama2 onie chan^^

      May 27, 2011 at 1:54 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s